Sabtu, 17 Oktober 2009

Mobile Learning

MOBILE LEARNING DAN MANFAATNYA

Selama dekade terakhir pembelajaran melalui ponsel telah berkembang dari sebuah penelitian kecil menjadi penelitian penting di banyak sekolah, tempat kerja, museum, kota dan daerah pedesaan di seluruh dunia. Komunitas Mlearning masih terfragmentasi dalam lingkungan masyarakat, dengan berbagai sudut pandang nasional, perbedaan antara akademisi dan komputer, dan antara sekolah, pendidikan tinggi dan sector pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).
Belajar melalui fasilitas e-learning semakin marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya mereka yang melek IT saja, namun anak-anak maupun mereka yang gaptek pun dapat belajar dengan e-learning. Salah satu faktor pendukung hal tersebut adalah penggunaan internet yang semakin hari semakin luas di lingkungan kita. Internet itu sendiri. Kini tidak hanya dapat diakses melalui komputer namun dapat pula diakses menggunakan perangkat mobile. Salah satunya yang utama adalah telepon seluler (handphone). Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, banyak aplikasi mobile yang telah dikembangkan. Perkembangan teknologi juga melahirkan sebuah konsep pembelajaran baru yaitu e-learning. Perkembangan teknologi aplikasi mobile dan e-learning telah menciptakan suatu bentuk pembelajaran baru, yaitu mobile-learning atau m-learning. Teknologi telekomunikasi dan teknologi internet menjadi kecendrungan baru diseluruh dunia. Perkembangan ini memungkinkan adanya terobosan baru dalam pembelajaran secara mobile menggunakan perangkat piranti genggam atau disebut mobile learning (m-learning). M-Learning memiliki kemampuan belajar kapanpun dan dimanapun.
Penggunaan perangkat seluler sebagai media e-learning tidaklah berlebihan apabila kita melihat fakta-fakta berikut ini:
· Pengguna telepon seluler di Indonesia yang mencapai lebih dari 96.410.000, teledensitas 36,39 % dengan tingkat prosentase pertumbuhan pelanggan telepon seluler mencapai 28,26 % pertahun. (sumber: balitbang depkominfo)
· Akses internet melalui perangkat telepon seluler canggih seperti Blackberry, iPhone, PDA, maupun smartphone-smartphone lain menjadi hal yang lumrah belakangan ini.
· Akses dan transfer data menggunakan jaringan telepon seluler yang semakin murah dan cepat.
· Pembuatan aplikasi-aplikasi untuk smartphone yang semakin mudah, dengan menggunakanJ2ME maupun BREW.
Fenomena-fenomena tersebut tentunya menjadi celah yang menjanjikan bagi perkembangan mobile learning di Indonesia. Lebih lengkap tentang Mobile Learning, Silakah download disini

Template by : kendhin x-template.blogspot.com